Sabtu, 22 September 2012
Menjaga reputasi Bisnis Online
Banyak bisnis online yang tidak dapat bertahan lama di dunia bisnis Indonesia. Ada beberapa tips dalam menjaga reputasi bisnis online :
1. Fokus Ya!
Akan sangat baik jika kita fokus pada salah satu kategori saja, contoh : Pakaian ajah, atau Aksesoris atau Makanan. Jangan pake prinsip palugada (apa yang lu mau gw ada) hehehe. Sebenernya baik-baik aja sih kalo kita bisa jualan semuanya, apalagi laku. Tapi usahakan target market dan tempat nya berbeda. Kenapa? Supaya customer bisa ngeliat FOKUS dan kita memang AHLI di bidang itu. Kalo semuanya dijualin, terkesan kita jualan asal-asalan dan cuma jualin produk orang. "Yah dia mah jualin produk orang lain, mending gw beli ama tangan sebelumnya aja, lebih murah". Masuk akal? hehehe
2. Menguatkan Dalam Tanpa Menceredai Yang Lain
Dalam bisnis pasti ada persaingan, apalagi banting-bantingan harga dengan toko lain. Tidak perlu takut dan tidak perlu menjelek-jelekkan toko lain. Cukup perbaiki kualitas kita, menjelaskan se detil mungkin kelebihan produk kita. Boleh saja kita membuat perbandingan, misalnya di tempat lain harganya segini, ditempat kita cuma segini. Tapi tetap dalam etika yang baik, jangan memancing keributan. Dalam bisnis, pesaing adalah motivator kita. Makin banyak pesaing, makin banyak belajar!
3. Menerima Saran dan Kritik
Menerima kritik dan saran sangatlah penting, apalagi jika saran tersebut membangun dan bisa di aplikasikan di bisnis kita. Tidak perlu emosi atau marah jika dikritik oleh customer, bisa-bisa mereka kabur ga balik lagi. Terima kriitk dan saran dan jangan lupa ucapkan "Maaf" atas ketidaknyamanannya dan "Terima Kasih" atas masukannya.
4. Hadapilah customer layaknya seorang teman
Maksudnya begini, dalam menghadapi customer jangan terpaku dengan bahasa yang terlalu kaku, apalagi kalau target market kita adalah anak muda. Buat mereka nyaman berkomunikasi dengan kita, sering-sering ajak ngobrol lebih lama. Bukan sekedar membicarakan transaksi, boleh juga tanya kerja apa, udah punya anak belum, atau sekolah dimana. Dengan begitu customer merasa kita sangat friendly, pelayanan sangat memuaskan.
5. Tenang menghadapi Customer yang kurang menyenangkan
Terkadang ada saja customer yang sikapnya kurang menyenangkan kita, mulai dari gaya berbicaya yang tidak ramah, banyak bertanya, menawar gak kira-kira walaupun sudah jelas kita bilang harga pas, komplen yang berlebihan, dan parahnya masih gak beli-beli juga. Dalam menghadapi customer semacam ini, tetaplah tenang. Jangan sampai terpancing emosi, bagaimanapun customer harus tetap di SERVICE sebaik mungkin demi menjaga image dan reputasi bisnis online kita.
6. Memperlihatkan Testimoni Customer
Testimoni customer sangat penting apabila dilihat oleh calon customer kita, mereka akan lebih percaya pada Online Shop kita. Dalam bisnis online yang namanya kepercayaan sangatlah penting, sekali mereka percaya pada kita, dijamin selamanya ia kepada kita. Akan sangat baik jika customer / yang memakai produk kita adalah seorang public figure. Sangat powerful!
Langganan:
Posting Komentar (Atom)






Tidak ada komentar:
Posting Komentar